Minggu, 21 Juli 2013

3 Tips Merawat Baterai Laptop

Tips merawat baterai laptop ini saya persembahkan buat anda supaya nantinya baterai laptop anda dapat tetap awet. Ya bila awet maka segala kegiatan di depan laptop dapat dengan nyaman dilakukan tanpa terlalu memikirkan baterai cepat habis.

Ya bagi yang terlanjur sudah ngedrop baterainya maka anda juga dapat menjalankan tips berikut. Bagi yang belum, semoga saja ini dapat bermanfaat sebab tips ini saya simpulkan berdasarkan pengalaman saya serta teman-teman.


Charge atau cas laptop ketika mati dan keadaan baterai sudah habis


Ya selama 1 tahun laptop saya, saya charge ketika laptop mati dan baterai telah habis. Alhasil selama setahun setengah, daya baterai saya tetap bertahan cukup lama yaitu sekitar 3 jam lebih untuk berinternetan dan 4 jam bahkan hingga 5 jam bila hanya untuk mengetik.

Tapi mungkin bagi yang memang sedang sibuk lembur atau hal lain yang harus diselesaikan. Sekali-kali tidak apa-apa, namun jangan terlalu sering.

Nyalakan laptop tanpa baterai


Tips ini sangat cocok buat anda yang memang setiap hari berkutat dengan laptop. Sehingga mengharuskan untuk menggunakan laptop selama berjam-jam bahkan hingga puluhan jam. Dan mengakibatkan anda harus men-charge laptop dalam keadaan hidup. Nah men-cas komputer yang bisa dibawa kemana-mana ini sebenarnya sesuatu yang harus dihindari.

Sebab efek buruknya tidak hanya berdampak pada baterai saja tetapi juga pada laptopnya. Efeknya apa itu? Yaitu netbook, notebook atau ultrabook anda akan menjadi panas. Bila sudah panas maka dapat membuat laptop menjadi hank. Karena prosesor tidak mampu untuk menahan hawa panas.

Tetapi menurut beberapa pendapat mengatakan bahwa menyalakan laptop yang langsung melalui listrik(baterai dicopot). Maka dapat mengakibatkan rusaknya hardisk yaitu bila tiba-tiba listrik padam. 

Selain itu tegangan yang dialirkan oleh baterai dengan tanpa baterai itu berbeda. Bila baterai pasti tegangannya stabil tetapi bila langsung dari listrik tegangannya itu terkadang naik turun.

Jadi pada tips ini sebenarnya membingungkan. Namun saya pribadi masih tetap langsung menyalurkan listrik ke laptop. Dan tidak saya saja, banyak teman-teman juga yang masih langsung menyalurkan laptopnya pada listrik.

Supaya anda tidak was-was atau berspekulasi, bila ingin langsung menyalurkan pada listrik tanpa menggunakan baterai. Silahkan anda menggunakan UPS supaya menghindari naik turunnya tegangan dan juga bila listrik padam.

Jangan menancapkan fan atau kipas pendingin pada laptop


Ini sebabnya baterai akan mengeluarkan listrik lebih banyak ketimbang normalnya. Jadi bila ingin memakai kipas pendingin, anda dapat langsung menyalurkannya melalui listrik.

Sepertinya itu saja tips merawat baterai laptop yang dapat saya bagi, semoga tetap awet ya!

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
3 Tips © 2015 - Designed by Templateism.com